Kopi Cina

Kopi Cina - Secangkir kopi China yang cantik menampilkan fisik yang ringan sampai sedang dengan tingkat keasaman yang relatif ringan dan rasa bersih. Beberapa telah membandingkan kopi China dengan kopi Amerika Selatan yang diproses secara lembap (wash).

Kualitas biji kopi China telah membuat peningkatan yang konkret dalam dekade terakhir dan mungkin akan segera muncul di pasar kopi spesial.

Produksi kopi serta konsumsi kopi telah meningkat pesat di Cina yang secara tradisional merupakan negara peminum teh. Sementara itu Cina mungkin hasilnya menjadi konsumen kopi terbesar di dunia.

Itu sekitar satu kala yang kemudian ketika seorang imam Perancis mulai menanam kopi di wilayah lembah Yunnan di Tiongkok yang berbatasan dengan Vietnam serta Myanmar dan Laos. Wilayah Yunnan mempunyai ketinggian dan iklim yang cocok untuk produksi kopi.

Namun produksi kopi signifikan pertama di Cina dimulai pada 1998 ketika pemerintah Cina bermitra dengan Bank Dunia dan PBB dan penanaman kopi tumbuh sampai 4.000 hektar.

Saat ini lebih dari 23.000 hektar kopi ditanam di Tiongkok dan lebih dari delapan puluh persen panen kopi Tiongkok berasal dari Yunnan yang iklim dan geografinya telah dibandingkan dengan Indonesia dan Kolombia.

Daerah Perkebunan Kopi di Cina
Produksi kopi ketika ini di Yunnan yakni lebih dari 30.000 ton biji kopi hijau (biji kopi yang tidak disiram) setiap tahun dan meningkat dengan cepat. Khususnya ada peningkatan penanaman yang signifikan dari varietas tumbuhan kopi Arabika tingkat tinggi.

Sebagian besar kopi Yunnan diekspor ke Jerman dan Jepang, tetapi beberapa tahun kemudian Starbucks mulai menyampaikan minuman kopi di toko-toko Cina yang memakai biji kopi dari Yunnan. Pada tahun 2009 Starbucks berkolaborasi dengan provinsi Yunnan dan memperkenalkan adonan biji kopi Arabika gres yang disebut South of the Clouds Blend.


Nestle mempunyai pabrik kopi instan di Dongguan dan banyak kopi yang diproses di sana berasal dari Yunnan. Nestle membuka pertanian percontohan dan percobaan di wilayah tersebut pada tahun 1997 dan telah melatih petani kopi Yunnan dalam metode praktik terbaik.

Sementara biji kopi Arabika yang berasal dari Yunnan masih mengalami problem kualitas dibandingkan dengan beberapa kopi Asia yang lebih halus (mis. Sumatra Mandheling), peningkatan berkelanjutan dengan fokus pada kualitas kemungkinan akan terus meningkatkan kualitas keseluruhan serta pertumbuhan industri kopi China.

Pasar Kopi di Cina
Sementara itu Cina yakni pasar berkembang yang berkembang dengan diperkirakan 150 juta orang yang mempunyai pendapatan yang dipertimbangkan dari sedang sampai tinggi. Kelas menengah yang berkembang ini meliputi banyak profesional muda yang sedang naik daun dan juga orang-orang berpendidikan tinggi yang sekarang mempunyai lebih banyak pendapatan yang sanggup dibuang dan menggunakannya untuk merasakan kopi gourmet dunia.

Beberapa menyampaikan peningkatan pesat dalam konsumsi kopi di China dalam beberapa tahun terakhir - diperkirakan mencapai 20% per tahun - sebagian alasannya yakni cita-cita untuk menggandakan orang Eropa dan Amerika. Bagi banyak orang di China, Starbucks sepertinya mewakili perkembangan perkotaan Cina dan budaya kopi otentik yang melambangkan kehidupan modern jenis baru.

China yakni pasar besar untuk biji kopi terbaik di dunia, dengan perusahaan China menawar di atas dan di luar apa yang akan ditawarkan perusahaan Amerika Utara, Eropa dan Australia pada beberapa kopi terbaik di pasar.

Varietas Tanaman Kopi China - Kopi Cina
Sebelumnya banyak panen kopi Tiongkok berasal dari varietas kopi Bourbon dan Typica yang dibawa dari Myanmar (Burma) pada 1950-an.

Saat ini sekitar 70% kopi China berasal dari varietas bibit unggul tumbuhan kopi yang lebih gres yang dikenal sebagai Catimor yang lebih tahan terhadap karat kopi yang ditakuti yang telah menjangkiti tumbuhan tersebut.

Peningkatan dalam varietas Catimor ini sebagian besar mendorong perusahaan kopi saya (mis., Nestle) yang memberi para petani kopi tumbuhan serta insentif dan pelatihan. Namun varietas Catimor tidak diterima dengan baik di pasar kopi khusus dan peningkatan produksi Arabika sedang dilakukan dalam upaya untuk membawa Cina ke pasar kopi gourmet.

Industri Kopi di Cina
Cina mempunyai banyak perkebunan kopi besar milik pemerintah serta banyak perkebunan kecil dan pertanian besar milik langsung (hingga 5.000 hektar) yang mempunyai kontrak dengan perusahaan besar. Sebagian besar kopi China diproses secara lembap dan ketika ini hanya ada sedikit Kopi Organik Bersertifikat yang ditanam.

Starbucks semakin banyak kafe di Beijing dan daerah lain di China membantu membuat generasi gres pecinta kopi China yang menikmati tidak hanya secangkir kopi Arabika yang gres dipanggang dan diseduh, tetapi juga minuman kopi Istimewa menyerupai latte dan cappuccino.

China juga baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membuka 1.000 toko gres di Cina dalam dekade berikutnya.

Starbucks membuka toko pertamanya di Cina pada 11 Januari 1999 di China World Trade Center Beijing. Sekarang ada lebih dari 400 toko Starbucks di lebih dari 30 kota di Cina daratan dan lebih dari 800 toko di Cina Besar.

Kami ingin mendengarkan masukan filosofi harga dan pengalaman minum kopi dari anda, silahkan isi kolom komentar, jangan lupa share artikel ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Kopi Cina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel