Indonesia Berpotensi Jadi Eksportir Kopi Terbesar Dunia


Indonesia mempunyai potensi untuk menggeser Brazil dan Vietnam sebagai negara dengan jumlah ekspor kopi terbesar di dunia. Ini dikarenakan luas perkebunan kopi di Indonesia cukup luas dan miliki jenis kopi terbaik. Pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian berhubungan dengan asosiasi kopi untuk mewujudkan hal ini melalui intensifikasi lahan perkebunan kopi guna meningkatkan produktivitas petani.

Dikutip dari swa.co.id



Menteri Perindustrian, Saleh Husin, mengatakan,  kopi merupakan komoditas ekspor unggulan yang menjadi penyumbang terbesar keempat devisa negara sesudah kelapa sawit, karet, dan kakao. Nilai devisa kopi mencapai US$ 1,4 miliar. Menurutnya, lahan perkebunan kopi cukup luas, yakni mencapai 1,24 juta ha. Luas tersebut dibagi dengan luas lahan perkebunan kopi robusta 933 ribu ha dan perkebunan kopi arabica 307 ribu ha. Rata-rata luas kepemilikan lahan petani sebanyak 0,6 ha. Produktivitas tumbuhan kopi robusta sebanyak 741 kg biji kopi per hektar tiap tahunnya. Sedangkan produktivitas kopi arabika 808 kg/ha per tahunnya. “Lahan yang luas itu Kemenperin akan mengupayakan pertumbuhan ekspor dan memperkenalkan kopi-kopi Indonesia ke seluruh dunia. Dengan kopi kita akan tingkatkan devisa kita,” ujarnya disela-sela Pencanangan Hari Kopi Internasional di Indonesia di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Akan tetapi luas lahan  itu tak didukukung oleh produktivitas yang tinggi. Sebagai perbandingan, rata-rata produktivitas petani kopi Brazil sebanyak 2.000kh/ha/tahun dan Vietnam 1.500/kg/ha/tahun. Saleh menjelaskan Indonesia harus bisa meningkatkan produksi kopi dengan kulaitas terbaik biar bisa menyaingi kedua negara tersebut. “Produkivitas ini harus ditingkatkan, mengapa kita tidak bisa, negara lain saja bisa,” tegasnya.

Saleh juga menyinggung mengenai budaya minum kopi. Tujuannya, mempromosikan peningkatan konsumsi kopi di dalam negeri dan mendongkrak ekspor produk kopi ke pasar internasional yang pada akibatnya meningkatkan kesejahteraan seluruh rantai nilai perkopian Indonesia dari petani, industri hingga dengan penyedia jasa retail kopi.



“Kita dorong budaya minum kopi biar bisa meningkatkan devisa,” kata Saleh. Menurut Saleh, aneka jenis kopi juga perlu disosialisasikan untuk semakin dikenalkan kepada masyarakat Indonesia sendiri. Lebih lanjut beliau menyampaikan kreativitas produsen kopi diharapkan untuk meningkatkan kualitas kopi di pasar ekspor dan merk kopi asal Indonesia. “Kemudian kami akan melaksanakan gerakan meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi Nusantara, serta mempromosikan peningkatan konsumsi kopi Nusantara ke luar negeri. Jadi, Kami menghimbau para produsen untuk terus meningkatkan produk kopi berkualitas, tujuan biar sanggup meningkatkan pendapatan devisa negara,” Saleh menguraikan.

Faiz Ahmad, Direktur Industri Minuman dan Tembakau Kemenperin, menambahkan, 5 dari 10 kopi terbaik di dunia berasal dari Indonesia. Untuk itu, ia cukup optimistis, kopi Indonesia akan semakin diminati di luar negeri. Hanya saya, kata Faiz, kualitasnya dan produktivitasnya harus ditingkatkan biar bisa bersaing dengan Brazil dan Vietnam. “Kemenperin sedang menyusun road map industri kopi nasional, mudah-mudahan final tahun ini akan dipublikasikan. Dan kita bisa sedikit demi sedikit untuk menggeser Brazil dan Vietnam,” ucapnya.

Dia mengatakan, Indonesia berpotensi besar mewujudkan ambisinya menjadi pemasok kopi nomor satu di dunia alasannya areal perkebunan kopi Indonesia sangat luas. Luas perkebunan kopi Vietnam hanya 550 ribu ha. Selain itu, tambah Faiz, kualitas kopi robusta Indonesia lebih unggul daripada Vietnam.

Faiz menyebutkan intensifikasi tumbuhan sebagai salah satu solusi meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi. “Cara petani menangani kopi sesudah panen ialah hal yang penting. Seperti menyangrai dan mengemasnya. Kemudian, memilihi biji kopi seharusnya yang berwarna merah dan kuning. Selama ini, petani memetik semua biji kopi merah, kuning dan hijau sehingga bisa menurunkan kualitas kopi,” ucapnya.

Selain itu, beliau menambahkan, petani kopi menggenjot produksinya dengan menggantikan tumbuhan yang renta yang umurnya berkisar 20-30 tahun dengan tumbuhan yang muda.

“Hampir 40% dari luas lahan perbekunan itu usianya sudah tua,” katanya. Apabila intensifikasi itu dijalankan dengan baik maka Indonesia perlahan-lahan bisa menggeser negara lainnya. Sebab produktivitas akan naik,yaitu bisa menembus 1 ton/ha dari sebelumnya 800-an ribu/ha.

“Hitungan aku kita sedikit demi sedikit bisa menggeser Vietnam dalam 5 tahun ke depan, sesudah itu kita bisa menggeser Brazil,” kata Faiz.

Adapan, perlambatan ekonomi global mengendorkan harga produk komoditas Indonesia, termasuk ekspor kopi. Walau demikian, industri kopi nasional masih bernapas lega alasannya volume ekspornya masih menanjak karena negara-negara tujuan ekspor masih meminati kopi Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor kopi selama semester I-2015 mencapai US$ 579 juta, naik dari Mei sebesar US$ 91,16 juta.

Gabungan Asosiasi Eksportir (GAEKI) memproyeksikan ekspor kopi di tahun ini akan tumbuh dua digit. Volume ekspor biji kopi Indonesia di tahun 2015 berpeluang menyentuh angka 400 ribu ton, atau tumbuh 10% dibanding tahun kemudian sebesar 385 ribu ton. Rata-rata volume ekspor kopi Indonesia, berdasarkan GAEKI berkisar 350 ribu ton per tahun mencakup kopi robusta (85%) dan arabika (15%). Sekitar 50 negara menjadi tujuan ekspor, beberapa diantaranya ialah negara ekspor utama yaitu Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Italia, dan Inggris.

Kopi Istimewa yang dimiliki Indonesia punya potensi yang bagus. Jenis kopi Istimewa yang dimiliki Indonesia lebih banyak daripada jenis kopi yang dimiliki negara lain. Indonesia bisa menjadi nomor satu pemasok kopi Istimewa alasannya di beberapa negara hanya punya satu hingga dua jenis kopi spesail. Beberapa tempat yang berpotensi untuk memasok kopi spesial, contohnya Mandailing, Gayo, dan Toraja.


0 Response to "Indonesia Berpotensi Jadi Eksportir Kopi Terbesar Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel